Tuesday, July 29, 2008

install XP di aspire 4310


wahyu temenku bli aspire 4310 sejak setaon lalu. pas beli gak langsung di kasih OS windownya gara2 duit cekak juga. dia minta instalin windows. nah kebetulan aku punya XP (bajakan heee...) dengan pdnya aku masukin aja tuh CD eh ternyata pas mo instal HDnya ga kedetek! busetttt!!!! apaan nih?? telpon tokonya katanya tuh leptop cuma support buat vista. WAKS!!! kepaksa cari vista dirental CD deh...

singkat cerita tuh leptop dah pake vista tp tmn gw masih rewel aj minta ganti XP katanya temen2 gak familier.. (udik bgt sih temen2nya..) setelah ampir setaun merengek akhirnya gw luluh juga buat gantiin tu OS.
aku cb cari2 artikel di internet yg bisa instalin XP ke ni laptop. dan JRENG!!!! ternyata temen2 banyak yang nemuin masalah serupa!!!
setelah ampir 2 jam browsing nyari langkah yg paling detil akirnya gw mampir ke ni situs
lumayan detil langkah2nya dan akirnya gw coba.

dedeng!!!! ternyata gak semudah waktu baca gara2 disitu da langkah yang sedikiiiiiittttt... (dikit banget) keliru. aku bikin copy-an CD ampe 9X ngikutin tu panduan. tapi setelah pake logika sendiri akirnya berhasil juga...
pengen langsung sukses??? ni aku tulisin langkah2nya

siapkan dulu:
1 - CD windows XP
2 - nlite http://www.nliteos.com/download.html
3 - SATA Driver http://rapidshare.com/files/42244341/SATA_Raid.rar.html
4 - CD Kosong (lebih bagus gunakan CDRW, karena bisa digunakan kembali ketika terjadi kesalahan)cara-cara:

1 - Buat folder baru

2 - masukkan CD WINXP

3 - buat folder baru dan kopi semua isi CD Win XP ke dalam folder tersebut

4 - jalankan Program nlite yang sudah di instal tadi

- cari folder yang isinya CD/DVD yang berisi CD WINXP

- pilih destinasi yg sesuai untuk WINXP - contoh: C:\CDXP
1.jpg
- mulai proses penyalinan

3 - extract SATA DRIVER yang sudah di download tadi

4 - cari: iastor.ini ( kalo di komputer saya dibacanya inf trus saya klik kanan pilih properti dan ganti extensien nya menjadi format ini )

5

masukkan salinan fail tersebut ke C:\CDXP\I386
- buka folder C:\CDXP\I386 dan cari: TXTSETUP.SIF
-buka file yang menggunakan program : notepad

- cari file: [SourceDisksFiles]
- masukkan: iastor.ini = 1,,,,,,_x,4,1


- cari file : [HardwareIdsDatabase]
- masukkan: PCI\VEN_8086&DEV_27C5&CC_0106 = "iaStor"


- cari file : [SCSI.Load]
- masukkan: iastor = iastor.ini,4


- cari file : [SCSI]
- masukkan: iastor = "Intel(R) 82801GBM SATA AHCI Controller (Mobile ICH7M/DH)"

SAVE TXTSETUP.SIF

6 - kembali ke nlite: sesudah anda selesai semua langkah2 di atas, tekan next atau lanjut hingga bertemu ini:
2.jpg

7 - setelah memilih “option” di atas, teruskan ke:
3.jpg
8 - anda boleh membakar CD anda sekarang

9 - sekarang anda sudah siap melakukan instalasi ke Windows XP

tambahan lagi, driver bawaan acer adalah windows vista. beberapa drivernya sih compatible dengan winXP yang saya instal. untuk masalah ini jangan kuatir, kamu bisa dapetin smua driver buat XP di http://support.acer-euro.com/drivers/notebook/as_4310.html

Selamat Ber XP ria....

buat mas wahyu: monggo mas.. dipun rahabi XP-nipun..

1 comment:

Anonymous said...

Keep up the good work.